Sabtu, 11 Agustus 2012

Sambutan Gubernur Mengenai Beasiswa Kaltim Cemerlang 2012

Assalamu Alaikum Wr, Wb.
     Tiap-tiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran. Hak setiap warga Negara tersebut telah dicantumkan dalam Pasal 31 (1) Undang-Undang Dasar 1945. Berdasarkan pasal tersebut, maka Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi, dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan. Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya kurang mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi.
      Pemerintah Kalimantan Timur, sejak tahun 2009 secara konsisten memprogramkan Beasiswa Kaltim Cemerlang untuk memberikan beasiswa dan biaya pendidikan kepada siswa dan mahasiswa dan atau calon mahasiswa dari keluarga yang secara ekonomi kurang mampu dan berprestasi, baik di bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler. Pada tahun 2012 ini adalah tahun ke 4 diluncurkannya program beasiswa.
     Agar program penyaluran beasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka diperlukan acuan khusus berupa petunjuk teknis bagi pengelola dan masyarakat agar seleksi dan penyalurannya tidak mengalami hambatan-hambatan yang berarti.
          Penerbitan pedoman program beasiswa Kaltim Cemerlang ini diharapkan dapat memudahkan bagi penyelenggara agar proses seleksi dan penyaluran beasiswa kepada mahasiswa dapat tercapai sesuai dengan harapan kita semua. Selain itu pedoman ini diharapkan juga dapat memudahkan bagi para calon siswa, mahasiswa atau mahasiswa yang akan mengusulkan sebagai calon penerima beasiswa, dan memudahkan bagi mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa untuk mendapatkan haknya.
            Dengan diluncurkannya website beasiswa-kaltim.org, proses penyaluran beasiswa dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur diharapkan akan berjalan dengan lebih baik, dan siswa serta mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan lancar, berprestasi tepat waktu yang akhirnya dapat ikut andil dalam meneruskan perjuangan bangsa menuju Kaltim Bangkit 2013.
           Akhirnya kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada tim yang mempersiapkan website beasiswa-kaltim.org ini dan semua pihak yang telah membantu dalam mewujudkannya, semua yang tercantum pada website mengacu buku Pedoman Program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang telah terbit terlebih dahulu dari website ini.



                                                                                                         Samarinda,      April 2012
                                                                                                GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR

                                                                                                  DR. H. AWANG FAROEK ISHAK

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post