Minggu, 12 Agustus 2012

Beasiswa Kaltim 2012 | Kaltim Scholarship Program

*Akhir Bulan Juli Ditargetkan Ditetapkan Penerima Beasiswa
SAMARINDA - Verifikasi berkas permohonan beasiswa program Kaltim Cemerlang untuk tahun anggaran 2012 dimulai. Penyelesaiannya, diharapkan akhir Juli 2012 sudah dapat diketahui dan ditetapkan siapa penerima beasiswa tersebut.
"Saat ini pendaftaran sudah ditutup. Kini dilakukan verifikasi berkas pendaftarannya dan cek kebenaran kondisi pemohon beasiswa tersebut. Maksudnya, tim verifikasi akan mengetahui langsung apakah calon penerima tersebut benar terdaftar di sekolah atau perguruan tinggi yang dimaksud pada berkas yang diajukan kepada panitia penerimaan beasiswa. Ditargetkan, kemungkinan akhir bulan ini sudah diketahui siapa penerima beasiswa tersebut, sehingga pada Agustus hingga September bisa direalisasikan ke rekening penerima beasiswa," kata Asisten III Sekprov Kaltim Bidang Kesejahteraan Rakyat, H Sutarnyoto usai memimpin rapat tentang verifikasi penerima beasiswa bersama tim panitia penerima beasiswa Kaltim Cemerlang di Kantor Gubernur, Samarinda, Selasa (3/7).

Hasil pengumpulan berkas pemohon beasiswa tersebut diketahui ada 30.000 peserta yang mendaftar. Hanya saja, yang telah melengkapi berkas sesuai dengan syarat yang telah ditentukan, ternyata hanya berkisar 27.000 pemohon.
Dari jumlah 27.000 pemohon tersebut, kata Sutarnyoto, selanjutnya akan dilakukan verifikasi. Harapannya, 25.000 hingga 27.000 penerima bisa terakomodir. Sehingga, peluang untuk mendapatkan beasiswa bagi pemohon lebih besar.
"Pemohon yang mendaftar lebih banyak dari jenjang S1 dan S2. Sementara untuk jenjang SMA dilakukan langsung melalui ABPD yang dikelola Dinas Pendidikan Kaltim. Jadi, untuk beasiswa Kaltim Cemerlang ini berdasarkan APBD Provinsi melalu Binsos yang setiap tahun dianggarkan. Nah, tahun ini anggaran sama dengan tahun lalu, yakni Rp70 miliar. Hanya saja, penerimanya diharapkan lebih banyak, yakni mencapai 30 ribu mahasiswa," jelasnya.
Penerima beasiswa merupakan putra-putri daerah asal Kaltim, baik yang kini masih melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di daerah maupun di luar daerah, bahkan luar negeri. Terlebih lagi, kata Sutarnyoto, beasiswa Kaltim Cemerlang juga diperuntukan bagi guru yang PNS dan peneliti yang kini melakukan pengkajian untuk pembangunan di daerah.
Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pendidikan dan Seni Budaya Biro Sosial Setprov Kaltim, H Abdul Wahab Syahrani, mengatakan pemohon beasiswa tersebut harus melengkapi syarat yang telah ditentukan, yakni mengajukan permohonan, terdaftar di peguruan tinggi dengan dibuktikan surat aktif kuliah, pemohon diharapkan melampirkan transkrip nilai terakhir dan membuat surat pernyataan tidak menerima beasiswa di mana saja dan bukan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta menyatakan bahwa rekening bank yang digunakan masih aktif.
"Jika, syarat tersebut dilengkapi, saya yakin seluruh pemohon akan bisa lolos verifikasi. Biasanya yang banyak kesalahan adalah dari persyaratan untuk melampirkan rekening yang masih aktif. Karena, pada tahun lalu banyak rekening pemohon yang tidak aktif, sehingga tidak lolos verifikasi. Nah, kami berharap dari 30 ribu yang mendaftar, mudah-mudahan semua bisa lolos. Tapi, jika tidak, ya mudah-mudahan bisa mencapai 27.000 yang menerima," harapnya. (jay/hmsprov)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

INFO SELENGKAPNYA DISINI 

UPDATE TERBARU BEASISWA KALTIM DISINI 

OFFICIAL WEB BEASISWA KALTIM DISINI 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►